Kamis, 07 Juli 2016

thumbnail

Kutipan Kardinal Robert Sarah - Prefek Kongregasi untuk Ibadat Ilahi dan Tata Tertib Sakramen

5 JULI 2016




Saya juga melihat para imam, dan uskup,sebagai pribadi yang merayakan Misa Kudus, mengambil telepon dan kamera dan menggunakannya dalam Liturgi Suci. Ini adalah tuntutan mengerikan dari apa yang mereka mengerti, mereka lakukan ketika mereka mengenakan busana liturgis, yang mana pakaian kami sebagai alter Christus-dan banyak lagi, sebagai “Ipse Christus”, seperti Kristus sendiri. Melakukan hal ini adalah dosa sakrilegi (penistaan). Tidak ada sebagai pribadi uskup, imam atau diakon untuk pelayanan liturgi atau hadir di tempat kudus harus mengambil foto, bahkan pada skala besar Misa konselebrasi. Bahwa imam sering melakukan ini pada Misa tersebut, atau berbicara dengan satu sama lain dan duduk santai, adalah sebagai tanda, saya pikir, bahwa kita perlu memikirkan kembali kesesuaian mereka, terlebih jika mereka memimpin para imam dalam perilaku skandal semacam ini yang begitu tidak layak dari misteri yang dirayakan, atau jika ukurannya tipis dari konselebrasi ini mengarah ke risiko pencemaran Ekaristi Mahakudus. (Kardinal Robert Sarah, Prefek Kongregasi untuk Ibadat Ilahi dan Tata Tertib Sakramen)





  "Sebelum saya menyimpulkan, saya mohon izin untuk menyebutkan beberapa cara sederhana  lainnya yang juga dapat berkontribusi untuk lebih setia melaksanakan  Sacrosanctum Concilium. Salah satunya adalah bahwa kita harus menyanyikan liturgi itu, kita harus menyanyikan teks-teks liturgi itu, menghormati tradisi liturgi Gereja dan bersukacita dalam perbendaharaan musik sakral yang adalah milik kita, terutama bahwa musik yang tepat untuk ritus Romawi, adalah  lagu Gregorian. Kita harus menyanyikan musik liturgi suci  tidak  hanya sebagai musik religius, atau lebih buruk, sebagai lagu profan. "




 (Tambahan)
Berbicara tentang penerimaan Komuni Kudus  dengan  berlutut,  saya ingin mengingat tahun 2002, tentang  surat dari Kongregasi Ibadah Ilahi dan Disiplin Sakramen yang menjelaskan bahwa "penolakan Komuni Kudus untuk anggota yang setia pada  dasar-nya  dengan  postur berlutut [adalah] pelanggaran berat terhadap salah satu hak paling dasar dari orang Kristen yang setia " (Surat, 1 Juli 2002, Notitiae, n. 436, November-Desember 2002, hal. 583).




(Tambahan)

Kita harus memastikan bahwa  penyembahan “adorasi “ adalah jantung dari perayaan liturgi kita. Terlalu sering kita tidak bergerak dari perayaan ke adorasi, tetapi jika kita tidak melakukan itu,  saya khawatir bahwa kita mungkin tidak selalu berpartisipasi dalam liturgi sepenuhnya, secara internal. Dua disposisi tubuh yang membantu, memang sangat diperlukan di sini. Yang pertama adalah hening. Jika saya tidak pernah hening, jika liturgi memberi saya ruang untuk doa dengan keheningan  dan kontemplasi, bagaimana saya bisa menyembah  Kristus, bagaimana saya bisa terhubung dengan Dia di dalam hati dan jiwa saya?  Hening  adalah sangat penting, dan tidak hanya sebelum dan sesudah liturgi.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments